Friday, July 15, 2016

Mengatasi Masalah GPS Signal Not Found Pokemon Go Android

Pokemon GO sedang menjadi game yang ramai diperbincangkan belakangan ini. Meski belum resmi hadir di Indonesia, dengan menggunakan APK yang diinstall melalui situs lain bisa memainkan game ini.
Banyaknya yang memainkan game ini juga sempat membuat server Niantic kewalahan. Animo pemain untuk dapat mencoba game Ingress cita rasa karakter-karakter lucu Pokemon begitu besar.
Meski sudah hadir resmi untuk beberapa negara, banyak juga pemain yang mengalami masalah dalam memainkan Pokemon GO. Salah satu yang paling banyak dialami adalah GPS Signal not found. Jika sudah mengalami masalah GPS ini, Oprekers tidak akan bisa memainkan game Pokemon GO karena harus menjelajah suatu tempat.
Untuk Oprekers yang mengalami masalah GPS Signal not found pada Pokemon GO, berikut langkah-langkah cara mengatasinya:
  1. Pertama pastikan Oprekers sudah memasang Pokemon Go di smartphone Android. Kalau belum Oprekers bisa download Pokemon Go di bawah ini.
    DOWNLOAD APK POKEMON GO TERBARU VERSI 0.29.2
  2. Cek pada pengaturan smartphone Oprekers > Location > Pilih mode High Accuracy (GPS and networks).
  3. Install/update aplikasi Google dan Maps.
  4. Buka aplikasi Google Maps tanpa harus keluar dari game, lihat location Oprekers apakah sudah sesuai atau belum.
  5. Jika belum, klik logo ikon GPS berwarna putih di pojok kanan bawah untuk melakukan refresh lokasi.
  6. Sekarang melalui recent app dengan menekan home, kembali ke game Pokemon GO. Lihat apakah masalah sudah teratasi atau belum.
Jika masih mengalami masalah, Oprekers juga bisa menggunakan aplikasi WhatsApp untuk mengatasi masalah GPS. Dengan cara berikut ini:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Sekarang coba berbagi lokasi dengan pengguna WhatsApp lainnya dengan klik ikon attach di pojok kanan (sama seperti share foto) > pilih Location >Lihat seberapa akurat lokasi yang ditampilkan. Jika jarak akuratnya dekat, kembali ke aplikasi Pokemon GO.
Jika kedua cara di atas masih belum bisa kemungkinan terdapat masalah pada GPS Oprekers. Cara mengatasinya tentu saja dengan kalibrasi ulang GPS. Untuk mencoba langkah ini diperlukan aplikasi tambahan seperti GPS Status and Toolbox. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Install aplikasi GPS Status and Toolbox di Google Play Store.
  2. Buka aplikasi, tunggu 3-4 menit hingga aplikasi menemukan lokasi.
  3. Jika masih belum menemukan lokasi, download A-GPS pada aplikasi untuk mempercepat lock location.
Jika masih belum fix juga masalah GPS signal not found pada Pokemon GO, coba beberapa tips dan trik berikut ini:
  1. Pastikan berada di luar ruangan/tanah lapang. Agar lebih mudah menangkap sinyal GPS.
  2. Coba aktifkan fitur Allow mock location pada menu Settings > developers option. Untuk mengaktifkan developers option dengan mengklik build version/number pada software information.
    Update 11 Juli 2016, pada beberapa pemain dengan mengaktifkan fitur Allow mock location akan meyebabkan tidak bisa bermain dan menyebakan error. Jika dengan mengaktifkan fitur Allow Mock Location membuat error, sebaiknya jangan diaktifkan.
  3. Koneksikan ke WiFi untuk mempercepat lock location. Jika menggunakan Wifi namun ternyata malah mengalami masalah GPS signal di Pokemon GO, coba gunakan mobile data.
  4. Reset App Preference. Buka Settings > pilih Apps > Manage Apps > Pilih dot/titik tiga di pojok kanan atas > lalu klik Yes untuk melakukan Reset App Preference.
Nah, langkah-langkah tersebut bisa Oprekers coba agar bisa mengatasi masalah GPS signal not found pada game Pokemon GO. Jangan lupa share pengalaman Oprekers untuk mengatasi masalah pada game ini. Selamat bermain! gotta catch ’em all.

No comments:

Post a Comment

Comments system

Disqus Shortname